Ratusan Pekerja Mogok Kerja, Tanjung Priok Sepi

Ratusan Pekerja Mogok Kerja, Tanjung Priok Sepi

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan peti kemas Pelabuhan Tanjung Priok terlihat dari ketinggian, Jakarta, Kamis (21/2). TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.COJakarta – Ratusan pengusaha forwarder, logistik, dan angkutan khusus pelabuhan di Tanjung mogok kerja, Senin hari ini 3 Juni 2013. Aksi ini sebagai protes terhadap PT Pelindo II selaku operator pelabuhan yang dianggap hendak memonopoli bisnis di pelabuhan lewat anak usahanya, terutama di sektor Angsuspol (Angkutan Khusus Pelabuhan dan Laut) serta logistik.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Iskandar Zulkarnain mengatakan mogok kerja itu karena PT Pelindo II dianggap memonopoli kegiatan usaha jasa kepelabuhan dari hulu dari hilir. “Sehingga kami merasa terancam dari usaha yang kami rintis puluhan tahun. Kami menginginkan pemerintah bekerjasama dengan swasta seperti lokomotif kita gerbong,” ujar Iskandar Zulkarnain di Pos IX Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 3 Juni 2013.

Kurang lebih ada 785 pengusaha yang stop operasi. Pengusaha logistik dan forwarder di Priok mengerahkan 200 anggotanya untuk mogok operasional. Sementara jasa angkutan pelabuhan mengerahkan 585 anggotanya untuk tidak melakukan kegiatan.

Juru Bicara Pelindo II Sofyan Gumelar mengatakan mogok kerja ini tak hanya merugikan konsumen, tetapi juga perusahaan itu sendiri karena tidak ada pengiriman apapun.

“Sudah coba kami jelaskan bahwa kami tak ada niat melakukan monopoli. Para pengusaha juga sudah bertemu dengan Direktur Pelindo II langsung (RJ Lino),” ujarnya. (Baca:Pemerintah Minta Pelindo Tidak Monopoli)

Berdasarkan pantauan Tempo di lokasi, akses ke pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok menjadi sangat lancar akibat stop operasi. Kendaraan dengan bebas keluar masuk. Padahal, beberapa hari terakhir, lokasi ini macet parah akibat pengalihan jalur angkutan pelabuhan dari Cakung Cilincing serta penyempitan jalan akibat proses pembangunan tol akses pelabuhan. (Baca: Tanjung Priok Lumpuh, Kerugian Rp 20 Miliar)

ISTMAN MP

 

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/03/090485323/Ratusan-Pekerja-Mogok-Kerja-Tanjung-Priok-Sepi

Ditulis dalam News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori
(click here)
coin-ads.com bitcoin advertising network
Arsip
Follow me on Twitter
Ingat !!

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bistik tetapi budak,"

kata Bung Karno saat berpidato pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1963

-Ir.Soekarno-

my pet
%d blogger menyukai ini: