Harga Bensin di AS Turun 6 Persen, di Indonesia Sebaliknya

bensin di amerika (ilustrasi)
bensin di amerika (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Harga produsen yang mencerminkan biaya produksi di Amerika Serikat (AS) kembali turun untuk ke dua kalinya pada April. Menurut laporan yang dirilis Departemen Tenaga Kerja AS, Rabu (15/5) waktu setempat, penurunan tersebut didorong oleh penurunan harga bensin.

Indeks harga produsen (PPI), indikator inflasi grosir, turun 0,7 persen pada April, menyusul penurunan 0,6 persen pada Maret. Departemen Tengara Kerja AS merilis sebagian besar penurunan berasal dari harga barang-barang jadi energi yang mengalami penurunan 2,5 persen, termasuk penurunan harga bensin sebesar 6 persen.

Sedangkan harga makanan konsumsi seperti sayuran dan daging mengalami penurun 0,8 persen. Ini merupakan penurunan terbesar sejak Mei 2011 yang ketika itu mencatat penurunan 0,8 persen.

Namun, tidak demikian halnya dengan harga barang jadi yang justru mengalami kenaikan 0,6 persen, meski kenaikannya terbilang rendah sejak kenaikan 0,5 persen pada Juli 2012. Data Departemen Tenaga Kerja AS juga menyebutkan bahwa tekanan inflasi tetap terkendali meskipun terjadi program pembelian obligasi besar-besaran yang dilakukan Bank Sentral AS, Federal Reserve.

Sementara di Indonesia, pemerintah berencana menaikkan harga bensin bersubsidi jenis Premiun dan solar untuk meminimalkan jebolnya kuota subsidi bahan bakar minyak (BBM). Pemerintah berencana memberikan kompensasi bagi masyarakat miskin seiring kenaikan harga BBM bersubsidi nantinya.

Ditulis dalam News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori
(click here)
coin-ads.com bitcoin advertising network
Arsip
Follow me on Twitter
Ingat !!

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bistik tetapi budak,"

kata Bung Karno saat berpidato pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1963

-Ir.Soekarno-

my pet
%d blogger menyukai ini: