Asmindo: Pemerintah Belum Melakukan Apa Pun Hadapi AEC

ASEAN
ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menilai pemerintah Indonesia belum melakukan tindakan apapun untuk menghadapi komunitas masyarakat ekonomi ASEAN (AEC) 2015.

Ketua umum Asmindo Ambar Tjahyono mengatakan, di antara negara-negara di Asia Tenggara saat ini terjadi perdagangan yaitu ekspor dan impor. “Perdagangan di antara negara-negara Asia Tenggara sendiri sudah bagus dan trennya terus meningkat,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/5).

Apalagi, lanjutnya, saat ini keadaan Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang sedang jatuh akibat krisis, jadi keadaan itu memaksimalkan potensi di Asia Tenggara dan Cina. Menurutnya, potensi itu berupa ekspor maupun impor termasuk yang terjadi di Indonesia.

Namun, tambahnya, kalau Indonesia dibanjiri barang impor saat AEC terjadi, maka Indonesia bisa menjadi pasar dan bukan pelaku AEC. “Jadi kalau kita baru siap-siap pada 2014 maka itu sudah terlambat. AEC harus dipersiapkan jauh-jauh hari,” ucapnya.

Ambar mengaku, para pelaku usaha mebel dan kerajinan terus menerus meningkatkan kualitas produknya, termasuk desain, sampai kualitas standar barang untuk , termasuk mebel dan kerajinan Indonesia untuk menghadapi AEC, mereka. Namun dia menyangkan karena pemerintah Indonesia termasuk Kementerian Perdagangan (Kemendag), sampai Kementerian Perindustrian (Kemenperin) belum melakukan tindakan untuk menghadapi AEC. “Pemerintah hanya berbicara saja,” tuturnya.

Padahal, lanjutnya, pihaknya membutuhkan tindakan nyata dari pemerintah. “Hendaknya pemerintah merumuskan (tindakan) yang lebih jelas, jangan berjalan sendiri-sendiri dan kami bisa membantu,” tuturnya.

Ditulis dalam News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori
(click here)
coin-ads.com bitcoin advertising network
Arsip
Follow me on Twitter
Ingat !!

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bistik tetapi budak,"

kata Bung Karno saat berpidato pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1963

-Ir.Soekarno-

my pet
%d blogger menyukai ini: