Harga BBM Subsidi Diusulkan Naik Jadi Rp 6.000

Harga BBM Subsidi Diusulkan Naik Jadi Rp 6.000

Petugas SPBU melakukan pemasangan plang harga bbm bersubsidi di SPBU Cikini(26/04). Pemasangan ini terkait rencana kenaikan harga bbm non subsidi. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.COJakarta -Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional Armida Alisjahbana menyatakan pemerintah mengusulkan supaya harga BBM bersubsidi dinaikkan menjadi Rp 6000 per liter. “Itu yang nanti akan diajukan di DPR,” kata Armida di kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 8 Mei 2013.
Armida tidak merinci pertimbangan kenaikan tersebut. Namun menurut dia, saat ini pemerintah masih mengkaji draft Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) yang didalamnya ada perubahan asumsi makro. Asumsi makro yang akan diubah diantaranya adalah defisit anggaran yang dalam asumsi APBN 2013 sebesar 1,65 persen, akan ditinjau berkisar hingga 2,5 persen. Selain itu revisi pertumbuhan, dari target sebelumnya 6,8 persen dikoreksi antara 6,2 sampai 6,3 persen. “Tapi itu akan dibahas lagi dengan DPR,” katanya.

Selain asumsi makro, anggaran perubahan juga akan membahas mengenai kompensasi akibat dampak dari kebijakan kenaikan BBM. Kompensasi untuk masyarakat miskin itu diantaranya berupa beras miskin, bantuan siswa miskin, dan program keluarga harapan. “Akan ditambah dengan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat dan infrastruktur dasar, seperti air bersih, jalan desa, dan irigasi. Tapi itu masih dibahas lagi karena baru,” ujar Armida.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati tidak menjawab ketika dikonfirmasi mengenai harga baru BBM bersubsidi. “Semuanya masih dibahas,” kata Anny.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan pemerintah akan merampungkan draft Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013 pada pekan ini. Ada beberapa komponen pengurangan defisit dan pengurangan subsidi bahan bakar minyak. “Tentu saja nanti ada perubahan harga BBM beserta kompensasi yang juga berasal dari APBNP yang hendak dibahas bersama DPR,” kata SBY.

ANGGA SUKMA WIJAYA

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/08/090478976/Harga-BBM-Subsidi-Diusulkan-Naik-Jadi-Rp-6000

Tagged with: ,
Ditulis dalam News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori
(click here)
coin-ads.com bitcoin advertising network
Arsip
Follow me on Twitter
Ingat !!

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bistik tetapi budak,"

kata Bung Karno saat berpidato pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1963

-Ir.Soekarno-

my pet
%d blogger menyukai ini: