Pemkot Bekasi mulai kaji pembangunan shelter monorail

Reporter: Adi Nugroho

Rabu, 8 Mei 2013 12:59:05

Pemkot Bekasi mulai kaji pembangunan shelter monorail

Peluncuran monorail di Madiun. ©2013 Merdeka.com/Idris
Pascapeluncuran Jakarta Link Transportation (JLT) oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Pemerintah Kota Bekasi, langsung menyiapkan kajian pembangunan shelter monorail Jakarta-Bekasi.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman, mengatakan, realisasi kajian pembangunan shelter untuk wilayah Kota Bekasi diperkirakan rampung 2014 mendatang. Pemerintah Kota Bekasi akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan DKI Jakarta mengenai letak dan jumlah shelter.

“Untuk mempercepat realisasi pembangunan jalur monorail, kami terus melakukan kajian bersama Kemenhub dan Pemerintah DKI,” katanya, Rabu (8/5).

Dia menjelaskan, monorail Jakarta-Bekasi akan melintas di tepian Kali Malang atau sejajar dengan jalur Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu). Jalur monorail dimulai dari Cawang, membentang sampai Bulak Kapal, Bekasi Timur. Pihaknya belum mengkaji kembali terkait lahan yang akan dibebaskan guna pembangunan jalur itu.

Ia menambahkan, anggaran yang berkaitan dengan proyek monorail sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat. Pemerintah daerah, kata dia, dapat mengusul dana dari APBD Kota Bekasi untuk kebutuhan infrastruktur.

“Semua ditanggung (biaya), tapi kami bisa mengusulkan,” jelasnya.

Supandi menjelaskan, monorail nantinya akan menjadi angkutan alternatif bagi warga Kota Bekasi menuju Jakarta. “Kami yakin monorail akan menyedot banyak penumpang,” kata dia.

Proyek ini nantinya digarap lima konsorsium BUMN dengan menelan dana Rp 7 triliun. Di antaranya, PT Adhi Karya Tbk, PT Inka, PT LEN, PT Jasa Marga, dan PT Telkom.

 

http://www.merdeka.com/peristiwa/pemkot-bekasi-mulai-kaji-pembangunan-shelter-monorail.html

Ditulis dalam News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori
(click here)
coin-ads.com bitcoin advertising network
Arsip
Follow me on Twitter
Ingat !!

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bistik tetapi budak,"

kata Bung Karno saat berpidato pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1963

-Ir.Soekarno-

my pet
%d blogger menyukai ini: