Perbaikan Gudang : “Setiap Orang Mampu Mencari Barang dalam waktu 3 menit

Written by Drs.Psi. Reksa Boeana 

warehouse-shopping

Kecepatan mencari barang dan menemukan barang yang dicari dengan tepat menjadi target dari pengelola gudang. Tanpa melalui desain sistem penataan dan perbaikan cara kerja di gudang, target ini mungkin saja bisa dicapai. Personil gudang yang menempatkan barang tentunya dapat mencari barang yang disimpan di gudang dalam waktu yang singkat. Penataan barang berdasarkan pengelompokan barang juga menunjang kecepatan petugas dalam mencari barang. Tetapi menjamin bahwa setiap orang mampu mencari barang dalam waktu kurang dari 3 menit, membuktikan bahwa sistem kerja di gudang telah ditata dengan baik.

Dalam upaya untuk mewujudkan sistem penataan yang baik maka diperlukan tempat untuk setiap barang. Sehingga penempatan barang tersebut berada pada posisi penempatannya. Memastikan barang berada pada tempatnya memudahkan bagi petugas untuk mencari barang. Pengelompokan jenis barang, mempercepat petugas untuk melakukan identifikasi posisi penempatan barang. Penamaan lokasi dan memelihara catatan alamat penempatan barang, mampu menjamin setiap orang dapat mencari barang yang di butuhkan. Kedisiplinan untuk memelihara dan mempertahankan sistem penataan barang menjadi penjamin dan memudahkan setiap orang dalam mencari barang yang dibutuhkan.

Tentunya mengatur barang dengan menyediakan tempat bagi setiap barang menjadi tujuan dalam sistem penataan yang baik. Ciptakan tempat untuk setiap barang, maka kita mampu menempatkan barang pada tempatnya. Suatu prinsip dalam manajemen lingkungan, housekeeping manajemen, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Namun bila barang yang disimpan di gudang terus bertambah atau berganti item barang karena ada barang yang tidak dipesan lagi (discontinued), maka dibutuhkan pemahaman tentang prinsip-prinsip penataan barang (baca artikel “menata barang di lokasi yang sempit’). Jumlah item barang tertentu secara bergantian bertambah jumlahnya. Disinilah diperlukan pemahaman manajemen penataan barang.

Mencari barang dalam waktu 3 menit dengan jumlah item barang di bawah 10.000 item masih dimungkinkan bilamana lokasi penempatan barang dapat dipastikan. Namun mengelola barang diatas 12.000 sampai dengan 22.000 item, dibutuhkan pemahaman yang baik. Setiap petugas gudang perlu memahami tentang prinsip-prinsip dalam manajemen penataan barang. Pelatihan intensif dibutuhkan terutama bila variasi item barang banyak dan berubah-ubah. Audit ketertiban dibutuhkan untuk membentuk kebiasan disiplin dalam melakukan penataan barang. Feedback atas penataan yang tidak mematuhi prinsip mampu menjadikan pekerja belajar dengan tepat atas kesalahan-kesalahan dalam menata barang. Melalui program pembentukan ini maka setiap orang mampu mencari barang dalam waktu kurang dari 3 menit.

Berbagi tuk bermanfaat, salam sukses selalu

http://www.konsultanwarehouse.com/2012/09/perbaikan-gudang-setiap-orang-mampu.html

Ditulis dalam logistic.edu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori
(click here)
coin-ads.com bitcoin advertising network
Arsip
Follow me on Twitter
Ingat !!

"Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bistik tetapi budak,"

kata Bung Karno saat berpidato pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1963

-Ir.Soekarno-

my pet
%d blogger menyukai ini: